Kehidupan Setelah Hari Kiamat Menurut Islam

Penjelasan singkat perihal Kehidupan Setelah Hari Kiamat dan Kehidupan Setelah Mati.

kiamat tiba menghancurkan alam semesta


Setelah kehidupan didunia berakhir atau suatu makhluk hidup telah mati maka selanjutnya dikuburkan dan mengalami perpindahan ke alam kubur (barzah).

Di alam barzah pun hanya sementara saja yaitu hingga kiamat datang. Nah setelah datang hari kiamat itu maka akan ada kehidupan lagi yaitu di alam AKHIRAT. Itu artinya setelah manusia meninggal dunia mereka berada di alam kubur jadi surga dan neraka belum ada penghuninya sebelum kiamat datang, untuk menuju akhirat mesti nunggu kiamat datang dulu. Nah di alam akhirat ini manusia harus mempertanggung jawabkan segala amal perbuatan di dunia dan akan di timbang secara adil.

Apabila perbuatan baik lebih berat daripada perbuatan buruk maka manusia ini akan memperoleh kebahagiaan. Ya kerena akan dimasukkan ke dalam surga. Siapa sih yang gak mau masuk surga? .Surga merupakan Daruts Tsawab (negeri pahala) karena didalam surga penuh kenikmatan ,kebahagiaan dan kedamaian yang belum pernah kita rasakan.

Namun jika perbuatan buruk lebih berat daripada perbuatan baik .Saat itu juga kamu akan di lemparkan ke dalam neraka, dimana orang-orang penuh dosa disiksa karena mendurhakai Allah SWT.

Firman Allah Seperti dikutip dari Al-Qur'an Surat Az-Zalzalah ayat 1-8


اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَا ۙ
Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,


وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَا ۙ
dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,


وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَا ۚ
dan, manusia bertanya, "Apa yang terjadi pada bumi ini?"


يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَا ۙ
Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,

بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَا ؕ
karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) padanya.

يَوْمَئِذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْ ؕ
Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.


فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ ؕ
Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.


وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ
Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

orang yang masuk neraka wajahnya tertunduk hina, panasnya api neraka membuat mereka kehausan. Tidak ada air dingin yang segar yang dapat diminum. Yang ada hanya cairan panas yang mendidih. Tidak ada makanan ,kecuali buah-buahan pahit rasanya dan tak dapat menghilangkan rasa lapar

Orang orang durhaka pasti menyesali segala perbuatannya yang di kerjakan di dunia. Mereka menyesal mengapa dahulu tidak mau mengerjakan shalat, tidak mau mengerjakan puasa. Mereka menyesal mengapa dahulu senang melakukan melakukan perbuatan-perbuatan yang di larang oleh agama. Namun namanya penyesalan selalu datang terakhir.

Sebaiknya kita mengumpulkan bekal berupa amal baik sebanyak banyaknya demi kehidupan di alam akhirat nanti yang bersifat kekal dan abadi. Tentunya kita menginginkan masuk surga dan kekal di dalamnya. Amiiiiin.

Terkait:
Kehidupan setelah hari kiamat
Kehidupan setelah hari akhir
Kehidupan sesudah kiamat
Kehidupan setelah hari kiamat menurut islam
kehidupan setelah mati
kehidupan setelah dunia berakhir





0 Response to "Kehidupan Setelah Hari Kiamat Menurut Islam"

Post a Comment